Memilih Peralatan Kantor
MEMILIH PERALATAN KANTOR
A. PERBEKALAN TATA USAHA
1. Pengertian Tata
Usaha
Tata usaha ( kantor ) adalah
tempat/gedung atau ruangan yang digunakan untuk melakukan pekerjaan tulis
menulis dan dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Menurut The Liang Gie dalam
Buku Administrtasi Perkantoran Modern tugas tata usaha adalah sebagai berikut :
1.
Menghimpun
2.
Mencatat
3.
Mengolah
4.
Menggandakan
5.
Mengirim
6.
Menyimpan
2. Perbekalan
Tata Usaha
a. Pengertian perbekalan
Perbekalan mencakup semua barang
yang diperlukan baik barang bergerak maupun barang tidak bergerak sebagai
sarana pendukung pelaksanaan tugas.
b. Macam-macam Perbekalan
1) Perbekalan
gedung, seperti ruang pimpinan, ruang guru, kamar kecil
2) Perbekalan
kantor, seperti mebelair pimpinan atau mebelair karyawan
3) Perbekalan
ruang kelas, seperti meja dan kursi guru, meja dan kursi murid, penggaris,
papan tulis, kapur tulis, dan sebagainya
c. Fungsi-fungsi
Perbekalan
1.
Fungsi Pengadaan
2.
Fungsi Inventarisasi
3.
Fungsi Penggunaan dan Pemeliharaan
4.
Fungsi Pengiriman/pemindahan
5.
Fungsi Penyimpanan
6.
Fungsi Penyingkiran dan Penghapusan barang
7.
Fungsi Pengendalian
B. PERALATAN KANTOR YANG DIGUNAKAN DALAM BEKERJA
1. MEJA KANTOR
Menurut The Liang Gie, pada buku
Administrasi Perkantoran Modern cetakan ketiga halaman 267, meja kantor yang
baik hendaknya memenuhi syarat – syarat sebagai berikut :
1.
Dari permukaan meja sampai lantai tidak
seluruhnya tertutup
2.
Permukaan meja tidak berkilat – kilat sehingga
tidak menyilaukan mata pegawai yang memakainya
3.
Luas meja tidak perlu terlampau berlebihan
2. KURSI KANTOR
Meja kantor yang telah diuraikan di atas tidak mungkin
digunakan tanpa adanya kursi kantor. Kedua peralatan tersebut merupakan perabot
kantor yang tak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya. Kursi peralatan
harus memperhatikan kesehatan dan kenyamanan bagi pegawai kantor yang
menggunakannya sehingga pekerjaan yang dihadapinya dapat berjalan efektif dan
efisien.
3. RAK KANTOR
Untuk kemudahan menemukan kembali
banyaknya surat masuk dan serat keluar dengan cepat, perlu adanya kegiatan
pengarsipan. Alat yang dipergunakan untuk mengarsip surat tersebut adalah rak
surat, tempatn penyimpanan surat berbentuk kotak ( box file ) dan
lemari arsip ( filing cabinet ).
4. MESIN PENGHANCUR KERTAS
Dewasa ini mesin pemotong kertas
menjadi standar perkantoran modern sebagai cara yang paling aman, cepat, bersih
dan sangat efisien untuk pemusnahan dokumen–dokumen yang tidak terpakai.
Pemusnahan dokumen dalam jumlah masal dengan cara dibakar atau dihancurkan
masih beresiko, seperti dokumen masih bisa dibaca.
C. TATA RUANG YANG IDEAL
Tara ruang kantor yang ideal merupakan faktor penting yang menentukan kelancaran kegiatan tata usaha. Tata ruang kantor adalah penyusunan alat-alat kantor pada letak yang teapt serta pengaturan tempat kerja yang dapat menimbulkan kepuasan kerja para pegawai. Tata ruang yang baik akan menimbulkan keuntungan sebagai berikut:
Tara ruang kantor yang ideal merupakan faktor penting yang menentukan kelancaran kegiatan tata usaha. Tata ruang kantor adalah penyusunan alat-alat kantor pada letak yang teapt serta pengaturan tempat kerja yang dapat menimbulkan kepuasan kerja para pegawai. Tata ruang yang baik akan menimbulkan keuntungan sebagai berikut:
1.
Menjamin kelancaran proses pekerjaan
2.
Mencegah penghamburan tenaga/karyawan
3.
Memungkinkan pemakaian runag kerja yang efisien
4.
Mencegah pekerja lain agar tidak terganggu
Terima kasih info peraltan knator yang ditulis, bagus dan lengkap mba..salam sukses ya
ReplyDelete